-->

Minggu, 24 Juni 2012

Tips Memulai Usaha Untuk Anak Muda (PART II)

Hai. . . Hai. . . Kembali lagi. Sesuai dengan postingan yang saya buat sebelumnya saya akan melanjutkan tips-tips untuk memulai usaha bagi anak muda yang ingin belajar lebih mandiri.
Untuk yang belum membaca postingan pertama bisa membacanya disini, >> klik <<

Menjalankan bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bisa dibayangkan sulitnya untuk memulai bisnis. Jika kamu ingin menjalankan bisnis, berikut beberapa tips tabahan dari saya, yang menarik dan bisa diikuti.

  1. Lihat Kecenderunganmu.
    Banyak sekali pilihan untuk berbisnis, puluhan, ratusan atau bahakan ribuan jumlahnya. Mulai dari yg dijalankan sendiri, sampai dengan yang mau tidak mau harus menggunakan karyawan.
    Untuk lebih praktisnya, bisa dilihat dari bidanga apa kecenderuanganmu, entah itu barang, jasa, pemikiran atau bisang lainya.
    Kalau berbisnis mengikuti cederungan pasti akan lebih mudah menjalinya, karena bisnis tersebut sesuai dengan jiwa kamu, berbeda kalau tidak mengikuti jiwa, pasti akan perlu tenaga ekstra untuk menyesuaikannya.
  2. Jangan Lupakan Niat.
    Bahasa lain niat adalah motivasi. Kamu perlu memotivasi diri untuk menjalankan sebuah usaha, misalnya motivasi untuk meringankan beban orang tua, mau mandiri, mau menambah pengalaman dan lain sebagainya. Mengapa motivasi niat itu sangat penting, karena jika motivasi atau niat turun kamu bisa bangkit kembali karena ada sesuatu yang harus dicapai.
  3. Kejujuran Dan Kepercayaan.
    Sekarang ini kejujuran sudah menjadi barang langka, sangat sulit ditemukan dan sangat berharga. Jagalah kejujuran yang ada pada dirimu, dengan kejujuran kamu akan mendapat kepercayaan diri dari orang lain, kepercayaan orang lain merupakan modal yang sangat besar untuk melangsungkan bisnis. Jangan pernah mencoreng kepercayaan orang lain, karena sekali tidak percaya atau kecewa tidak mudah untuk mendapatkannya kembali.
  4. Kreatif Dan Inovasi.
    Ketika bisnis maju dengan produk-produk yang dikenal orang, pasti kamu senang karena mendapat keuntungan. Namun jangan sampai terlena dengan rasa senang itu, orang lain pasti melihat ini kesemapatan untuk meniru produk yang kamu miliki, karena mereka pasti mengira dengan meniru produk yang sudah ada akan mendapat keuntungan yang sama dari produk tiruannya.
    Untuk menghindari ini ada beberapa yang harus kamu lakukan.
    * Fokuskan Niatmu.
    Dengan memfokuskan niat, kamu tidak akan pernah cemas dengan adanya pesaing.
    * Pelajari Dan Pahami.
    Jika kamu memang ada pesaing, tidak ada salahnya belajar darinya. Kenali apa yang menjadi kiat untuk maju, tidak ada salahya jika kamu dekati untuk belajar.
    * Buat Ciri Khas.
    Ciri khas sangat penting bagi bisnis. Sederhananya jika orang mengenali produkmu, maka kamu tidak akan perlu mencemaskan pesaingmu. Bentuk ciri khas itu beragam, mulai dari pelayanan, bentuk produk, rasa dan kenyamanan. Misalnya jika kamu bisa memberi voucher atau souvenir untuk pelanggan yang berbelanja diatas 100rb. Ini teknik minimarket, jadi apa salahnya untuk dicoba dan sedikit mengikuti.
    * Inovasi tanpa henti.
    Ketika kamu tahu bahwa kamu punya pesaing yang meniru produkmu, maka disinilah kamu dituntut untuk menjadi lebih kreatif, misalnya kamu mempunyai usaha donat dalam satu model saja, dengan adanya kreatifitas kamu bisa membuat bermacam model, rasa dan warna.
    * Bekerja Sama.
    Bekerja sama akan membuat potensi individu bersatu melebur menjadi lebih kuat, jadi tidak ada salahnya jika kamu join atau bekerja sama dengan pesaingmu.
    Jika ingin melihat contoh kerja sama dengan para pesaing, cobalah jalan-jalan kepasar, lihat disana semua saling bersaing tapi disana mereka juga bekerja sama.
  5. Promosi Dengan Pameran.
    Mungkin kamu bingung kemana produkmu harus dipromosikan. Momen pameran bisa dijadikan salah satu alternatif, masyarakat akan lebih tahu dengan produkmu dan tidak susah untuk mengumpulkannya.
  6. Manajemen Waktu.
    Melakukan usahan atau bisnis terkadang menbuat orang melupakan waktu dan kewajiban lain. Bisnis emang mengasikan, apalagi kalau bisnisnya memang bisnis yang kita sukai hingga melupakan semuanya. Tapi kita harus ingat dan harus membagi waktu untuk keluarga, tetangga dan juga kegiatan lainnya, seperti kuliah ataupun sekolah.
  7. Mental Yang Tangguh.
    Bagaimanapun hebatnya ilmu yang kamu miliki dan besarnya modal yang dimiliki, ketika terjun kedunia bisnis ternyata banyak rintangan yang dihadapi, namu jika tidak mempunyai mental dan menyerah percayalah kamu tidak akan pernah sampai kepuncak yang kamu inginkan, ingat kamu punya yang kuasa tempat kamu meminta pertolongan. Semoga kamu tidak lupa, ketika kamu sampai dipuncak kesuksesan hasil itu bukan hanya dari usahamu semata, tetapi pertolongan dari yang maha mencipatakanmu.
Sekian dulu tips lanjutan saya ini, nanti saya akan buat perincian modal atau analisis modal untuk masing-masing usaha. Atau jika ada yang tidak sabar bisa request analisis atau rincian usaha yang akan dijalankan, misalnya mau bikin usaha warnet, nanti saya akan buatkan analisisnya juga saya akan membuat tips untuk menjalankannya dan tentunya juga akan saya do`akan semoga semua usaha dan bisnisnya berjalan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar