-->

Kamis, 21 Juni 2012

Tips Memulai Usaha Untuk Anak Muda (PART I)

Hai hai...!!! Saya Rhyza, saya orangnya suka berbisnis dan membuat suatu usaha kecil, maklum saya lahir dari keluarga yang pebisnis dan bukan mengharapkan gaji dari orang lain.
Saya ingin memberi sedikit tips membangun sebuah usaha untuk para penerus bangsa atau bahasa kerennya Anak Muda.
Masa muda merupakan masa gemilang untuk melakukan banyak hal. Saat itu juga kita bisa membuat suatu perubahan dalam hidup. Salah satunya yakni dengan menjalankan sebuah bisnis atau usaha tertentu yang bisa menghasilkan atau sekedar menambah uang saku. Disini juga kita menunjukan kepada orang tua dan orang lain bahwa kita bisa hidup lebih mandiri. Sudah saatnya kita sebagai anak muda melakukan hal yang bermanfaan bagi diri sendiri dan orang lain.

Ada beberapa motivasi yang mebuat anak muda ingin berbisni, motivasi tersebut diantaranya.
  • Ingin mencari uang lebih.
    Motivasi ini biasa dimiliki oleh orang yang suka berbisnis entah itu kaum muda ataupun tua.
    Tapi orang yg seperti ini adalah orang yang beruntung, karena punya kesadaran untuk tidak menjadi beban orang lain pada masa mudanya.
  • Ingin mendapat pengalaman.
    Motivasi ingin mendapatkan pengalaman ini terutama dilakukan oleh orang yang tidak suka rutinitas dan mereka tertarik pada hal baru yang memperkaya pengalaman mereka, biasanya mereka tidak pernah pusing memikirkan untung rugi dari usahanya karena yang terpenting buat mereka adalaha pengalaman.
  • Karena iseng-iseng.
    Saat waktu liburan sekolah atau kuliah atau menunggu panggilan kerja yang tetap, tidak ada salahnya melakukan hal yang iseng dengan cara membuka sebuah usaha atau bisnis.
    Bisa saja dari motivasi iseng tersebut bisa menjadi hal yang besar dan melejitkan kamu jadi orang kaya, tapi ingat sekolah atau kuliah itu lebih utama. hehehehehe. . . .
  • Karena hobi.
    Sama seperti saya sering melakukan bisnis atau usaha hanya karena hobi dan melakukannya pada hari-hari tertentu saja.
    Berbisnis karena hobi ada sisi buruk dan baiknya, karena hobi ada saat moodnya, jadi jarang sekali usaha karena hobi akan terus berjalan.
Berani berbisnis bukan berarti tanpa perhitungan atau berani dengan kenekatan, walau dalam beberapa kasus ada orang yang berhasil membangun sebuah usaha atau bisnis dengan bermodal kenekatan.
Tapi alangkah baiknya jika suatu hal direncanakan dengan baik termasuk dalam berbisnis. Jika melakukan bisnis dengan perencanaan baik kemungkinan besar hasilnya juga akan lebih baik.
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dengan baik saat kita memulai suatu usaha atau bisnis tertentu.
  1. Kemauan dari Zona nyaman.
    Yang dimaksud dengan zona nyaman ialah terbiasa mendapakan uang dengan cara yang tidak memerlukan usaha atau pekerjaan tertentu, misalnya mendapatkan kiriman dari orang tua.
    Berani keluar dari zona nyaman berarti berani mengambil resiko berjuang bertahan hidup sendiri, kemauan yang keras untuk keluar dari zona nyaman inilah yang akan mendorong untuk menjalankan usaha dengan lebih baik dan lebih berhati-hati
  2. Sediri atau gabungan.
    Membuat usaha sendiri atau gabungan adalah suatu pilihan.
    Usaha bisa dijalankan sendiri jika cukup mempunyai modal, keahlian dan fasilitas yang diperlukan. Tapi adakalanya usaha enak dijalankan bersama.
    Untuk menjalankan usaha besama, kamu perlu rekan bisnis yang cocok untuk mengurangi terjadinya crash (benturan) dengan partner bisnis.
    Carilah teman atau rekan bisnis dengan keahlian untuk usaha yang akan kita bangun, modal dan kepercayaan diri untuk menhadapi orang banyak.
  3. Tempat yang strategis.
    Ini penting, karena bila kamu kurang kreatif mencari tempat yang strategis bisa jadi usaha yang kamu dirikan bisa failid, tapi bisa jadi dengan tempat yang jauh dari keramaian usahamu bisa leih baik dengan bantuan marketing dan tentungan fasilitas antar jemput yang mungkin agak merepotkan.
    Untuk mencari tempat yang strategis kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya biaya sewa toko, biaya retribusi, pengadaan SDM, promosi dan lain sebagainya.
    Salah memilih tempat usahamu bisa gulung tikar, contoh tempat yang salah kamu berjualan alat tulis diterminal, tentu akan sepi pembeli. Jadi tetukanlah tempat yang cocok untuk usaha mu.
    Seperti menjual alat tulis didaerag sekolah atau kampus, maka setidaknya kamu bisa mengembalikan modal awalmu dulu.
  4. Manajemen bisnis.
    Memulai suatu usaha hendaklah di manage dari awal, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Hhhmmm. . . . Sebelum saya melanjutkan Tips-tips usaha ini, alangkan baiknya untuk mempelajari hal kecil yang saya buat ini, jadi bisa lebih berguna saat usaha akan STAR.
Nanti saya juga akan bikin analisa modal untuk berbagai macam usaha atau yang ingin benar-benar mebuat usaha tertentu bisa req dech, nanti akan saya buat perincian modal dan strategi usaha yang akan teman-teman buat. Sampai disini dulu ya dan sampai betemu di tips berikutnya. :)

Kebetulan saya sudah membuat Tips lanjutan, jadi sudah bisa dililahat, dicoment dan dipelajari. Untuk tips lanjutan bisa dilihat disini. >> klik <<

1 komentar:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus